Searching...

Popular Posts

Wednesday, May 2, 2012

Pembagian Seni

10:25 AM
    Dalam proses penciptaan karya seni, seorang seniman selalu berhubungan dengan media yang dipilih, tenik yang dipergunakan, serta cara menikmatinya. Berdasarkan hal tersebut, seni dapat dibagi menjadi seni audio, seni visual, dan seni audiovisual.



1.     Seni Audio ( Auditory Art )

 Seni Audio adalah Seni yang dapat dinikmati dengan indra pendengaran (telinga). Contoh Seni Audio adalah sebagai berikut :

a.       Seni Musik, yaitu seni yang dapat dinikmati melalui nada. Misalnya , pertunjukan gamelan atau piano.
b.       Seni Sastra, yaitu seni yang dapat dinikmati melalui kata. Misalnya, membaca puisi atau drama.
c.        Seni Suara, yaitu seni yang dapat dinikmati melalui nada dan kata. Misalnya, pertunjukan band.

2.     Seni Visual ( Visual Art )

Seni Visual adalah Seni yang dapat dinikmati dengan indra penglihatan (mata). Contoh Seni Visual antara lain sebagai berikut:

a.       Seni dua dimensi yang meliputi garis, cahaya, warna, dan gerak.
Misalnya, Seni lukis, Seni grafis, dan Sinematografi.
b.      Seni tiga dimensi yang meliputi ruang dan wujud yang bisa di coba.
Misalnya, Seni patung, Seni tari dan Pantomim.

3.     Seni Audio Visual ( Auditory Visual Art)

Seni Audio Visual yaitu seni yang dapat dinikmati oleh indra pendengaran dan penglihatan. Contoh Seni Audio Visual antara lain sebagai berikut:

a.       Seni Tari merupakan perpaduan gerak dan nada.
b.      Seni Drama merupakan perpaduan gerak, kata, dan visual.
c.       Seni Opera merupakan perpaduan gerak, nada, dan visual.
  

 
Pembagian Seni secara umum berdasarkan penikmatnya, di bagi menjadi lima cabang, yaitu sebagai berikut:
1.      Seni Rupa
Karya Seni ini dapat di nikmati dengan indra penglihatan ( visual ) dan perabaan. Seni rupa biasanya memanfaatkan unsur garis, bidang, warna, tektur, dan volume. Contoh hasil karya seni rupa adalah Lukisan, Kaligrafi, Poster, Reklame, Spanduk, Patung, Diaroma, Kursi, Meja, dan Seni kerajinan.

2.      Seni Musik
Karya Seni Musik dapat di nikmati dengan indra pendengaran (audio) yang di bentuk dari unsur nada, dan, bunyi dalam alat musik, suara manusia ( vokal ), atau gabungan keduanya.

3.      Seni Tari
Seni Tari adalah seni yang di wujudkan melalui gerak, ruang, waktu, irama, wirasa, wiraga, dan, susunan unsur gerak angota tubuh secara teratur menurut pola – pola tertentu sehingga menimbulkan gerakan yang indah dan mempesona. Karya seni ini dapat di nikmati dengan indra penglihatan dan indra pendengaran (audio visual)

4.      Seni Teater
Seni Teater adalah seni yang memadukan unsur gerak dan kata. Biasanya dalam teater terdapat naskah, penokohan, latar/tempat, dan alat pengiring. Seni Teater dapat di nikmati dengan indra penglihatan dan pendengaran ( audio visual ). Contoh teater yang terkenal adalah teater Koma

5.      Seni Sastra
Seni Sastra adalah seni yang mengungkapkan pengalaman jiwa dan perasaan dalam bentuk bahasa, tulisan, dan kalimat yang mengandung nilai estis untuk mendapatkan kepuasan rohani. Bentuk karya sastra dapat berupa prosa (struktur bahasanya bebas), puisi (strutur bahasanya terikat/berirama), dan drama (struktur bahasanya disusun dalam bentuk lakon atau cerita)

0 comments:

Post a Comment